Contoh Surat Pengajuan SP (Surat Pengesahan) PR IPNU

Setalah melakukan Rapat Anggota, salah satu hal yang harus dilakukan oleh Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) adalah mengajukan Surat Pengesahan (SP) kepada PC IPNU. Dengan mengajukan hal tersebut, maka status kepengurusan rekan maupun rekanita terverifikasi secara resmi.


Namun sebelum membuat berbagai administrasi, setelah Rapat Anggota harusnya melakukan
  1. Membentuk tim formatur untuk menyusun pengurus harian
  2. Tim formatur membentuk Pengurus Harian, yang kemudian membuat Berita Acara Pembentukan Pengurus Harian.
  3. Pengurus Harian menyusun susunan anggota Pimpinan Ranting, yang kemudian membuat Berita Acara Penyusunan Pengurus Ranting oleh Pengurus Harian.
  4. Meminta Surat Rekomendasi dari Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama' (PRNU)
  5. Meminta Surat Rekomendasi dari Pimpinan Anak Cabang IPNU

Apabila semua dokumen sudah dipersiapkan sejak awal, maka kalian akan dengan mudah mengajukan Permohonan Pengesahan kepada Pimpinan Cabang. Saran kami, persiapan rapat anggota juga harus matang, sehingga pengajuan bisa lebih mudah. Salah satu cara mematangkan konferensi ranting adalah dengan membaca dan menyiapkan Administrasi Rapat Anggota IPNU dan IPPNU Lengkap.

Akan tetapi, banyak yang masih bingung mengenai administrasi kelengkapan surat pengajuan permohonan pengesahan. Karena itu, kami sebagai rekan, kami akan membantu kalian untuk melengkapi lampiran-lampiran tersebut.

1. Berita Acara Pemilihan Ketua PR IPNU

Biasanya, pasca rapat anggota, kalian akan dituntun untuk langsung membuat berita acara pemilihan oleh PAC setempat. Ada baiknya, setalah proses pemilihan ketua, langsung dibuat berita acaranya, dengan begitu kalian bisa dengan mudah meminta tanda tangan pimpinan sidang maupun sekretaris sidang. Berikut adalah contoh dokumennya Berita Acara Pemilihan Ketua dan Pembentukan Tim Formatur

2. Berita Acara Penyusunan Pengurus Harian oleh Tim Formatur

Apabila masih ada waktu, Tim Formatur yang sudah dipilih bisa langsung menentukan pengurus harian setelah rapat anggota. Akan tetapi, bila waktu yang didapat terlalu mepet, kalian bisa melakukan rapat kembali untuk membentuk pengurus harian. Saat rapat, tentukan Wakil Ketua, Bendahara, dan Sekretaris, bila perlu rapatkan juga siapa saja yang menjadi koordinator tiap departemen.

Berikut adalah Berita Acara Penyusunan Pengurus Harian yang kami buat.

3. Berita Acara Penyusunan Anggota Pimpinan Ranting

Nah, setelah proses di atas selesai, pengurus harian bisa dikumpulkan, untuk kemudian membentuk atau menyusun nama-nama siapa saja yang layak menjadi anggota pimpinan ranting. Pada proses ini, rekan-rekan harus memasukkan para anggota ke departemen yang paling sesuai. Berikut adalah Berita Acara Penyusunan Pengurus Ranting oleh Pengurus Harian yang sudah pernah dibuat.

4. Surat Rekomendasi dari PRNU

Sebagai badan otonom (Banom) dari NU, maka apabila susunan anggota sudah dibuat, sudah selayaknya jika rekan-rekan meminta Surat Rekomendasi ke PRNU. Selain sebagai informasi terbentuknya kepengurusan baru, surat rekomendasi ini juga berfungsi sebagai syarat pengajuan SP.

Administrasi yang harus disiapkan adalah Surat Permohonan Rekomendasi PRNU, nantinya kalian akan dibuatkan surat rekomendasi dari Pengurus Ranting NU. Akan tetapi, biasanya ada yang belum paham surat rekomendasi di kalangan PRNU, karenanya, rekan-rekan bisa memberikan Contoh Surat Permohonan Rekomendasi IPNU yang sudah kami dapatkan dari PRNU Desa Bantrung.

5. Surat Rekomendasi dari PAC

Dokumen terakhir yang diperlukan untuk mendapatkan SP adalah Surat Rekomendasi yang dikeluarkan oleh PAC. Kalian bisa mendapatkannya dengan cara mengajukan Surat Permohonan Rekomendasi ke PAC. Setelahnya kalian akan mendapatkan Surat Rekomendasi Pengesahan.

6. Permohonan Pengesahan ke PC

Terakhir, rekan bisa mengirimkan surat untuk Pimpinan Cabang yang dimana berisi permohonan untuk mendapatkan Surat Pengesahan (SP). Berikut adalah Surat Permohonan Pengesahan ke PC.

Lebih lengkapnya, rekan-rekan bisa mendownload secara lengkap administrasi pengajuan surat permohonan di Google Drive. Berikut adalah linknya
Kalian sebelum mengirimnya ke Pimpinan Cabang, pastikan pula format kop surat sudah menggunakan format yang terbaru, guna meminimalisir penolakan.

Demikianlah Administrasi Pengajuan Pengesahan untuk mendapatkan SP dari Pimpinan Cabang. Apabila rekan-rekan masih kebingungan dalam proses pengajuan, kami Pimpinan Ranting IPNU dan IPPNU Desa Bantrung Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara, selalu siap membantu. Tanyakan saja keluh kesahmu lewat kolom komentar yang ada di bawah.

0 Response to "Contoh Surat Pengajuan SP (Surat Pengesahan) PR IPNU"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel